Altria Pendragon (Lily) Servant Review

Lily Stage 4

Welcome back to HAS MAG. Kali ini saya akan membahas salah satu
servant event di game fate grand order (FGO) yang bisa kita dapatkan setelah menyelaikan event Saber Wars yang entah apakah akan ada rerunya atau tidak. Servant tersebut adalah Altria Pendragon (Lily). Sebelum melanjutkan membaca artikel bisa minta tolong untuk klik di sini (ads) dan klik adsense di dalam artikel ini untuk membantu mengembangkan blog ini menjadi lebih baik. Terima kasih.
Lily Stage 1

   Altria Pendragon (Liliy) atau yang desibut juga
saber lily ini merupakan versi muda dari servant bintang 5 Altria Pendragon. Diceritakan bahwa Lily merupakan wujud King Arthur sebelum menjadi raja dan sudah dipilih oleh pedang suci excalibur. Servant ini gratis sehingga kita tidak perlu gacha untuk mendapatkannya. Beberapa pemain tidak suka dengan servant ini karena attacknya kecil. Mari kita lihat apa kelebihan dan kekurangan dari servant ini.
Lily Stage 2

   Dikutip dari situs
gamepress, Lily memang memiliki Tier yang paling kecil di antara servant bintang 4 lainnya yaitu Tier 5. Tier sendiri merupakan sebuah ranking yang dibuat gamepress untuk membandingkan seberapa hebat kemampuan seorang servant. Semakin kecil tiernya maka semakin bagus servant tersebut. Tier 5 menunjukkan bahwa tanpa strategi yang tepat, Lily bisa dibilang tidak bagus untuk digunakan para pemain dan lebih baik menggunakan servant lain dengan tier yang lebih tinggi. Untuk melihat detail list Servant Tier 5 bisa lihat di sini.

   Namun walaupun Lily memiliki TIer yang paling rendah, dengan kombinasi yang tepat Lily masih bisa berguna untuk para Master di sana. Dilihat dari decknya, Lily merupakan balanced deck di mana quick card berjumlah satu. Art dan Buster berjumlah masing-masing 2 yang artinya Lily tidak cocok untuk generate Critical Star (CS) dan mudah untuk mengisi NP gauge dan memberikan demage buster. Lily memiliki atribut earth dan alignment Lawful Good. Trait lainnya yang dimiliki Lily adalah humanoid, dragon, saberface, arthur, dan juga weak to Enuma Elish.
Lily Stage 3

   Masalah Trait mungkin akan saya bahas di artikel yang lain. Lily memiliki 3 skill yaitu
Intuition B, Mana Burst A, dan Journey of the Flowers Ex. Skill pertama Intuition memiliki efek generate CS tergantung dari skill Lv. Saya sarankan untuk meningkatkan skill ini ke LV 10 untuk mendapatkan CS sebanyak 14 dan cooldown hanya 5 turn. Skill ke 2 Mana Burst memiliki efek meningkatkan demage buster card selama 1 turn. Saya sarankan untuk skill ini juga upgrade sampai LV 10, karena bonus demage sampai 50 persen dan cooldown 5 turn.

   Skill terakhir yang membuat Lily berbeda dengan Altria series lainnya adalah Journey of the Flowers EX. Skill ini memiliki efek meningkatkan NP generation rate party selama 3 turn. Saya sarankan untuk uprage sampai LV 6 saja karena skill ini tidak terlalu berpengaruh karena hanya meningkat NP rate sebanyak 20% ketika lV 10. Namun kembali ke pertimbangan awal kalau kalian akan menggunakan Lily sebagai servant andalan pastinya harus meningkatkan semua skill sampai Lv 10. Karena faktor waifu merupakan faktor utama melakukan segala sesuatu di game ini (menurut saya).
Lily April Fool

   Lily memiliki NP bernama
Caliburn B. NP ini memberikan heavy demage ke semua musuh dan merupakan tipe buster. Overcharge effect dari NP ini adalah menyembuhkan HP Lily. Np ini termasuk ke dalam klasifikasi Anti-Personnel dan memiliki efek overcharge yang berbeda dengan seri Arturia yang lain. Ketika NP lv 5 dan NP gauge sampai 300 dan menggunakan NP chain gauge, Lily bisa menyembuhkan nyawa sebanyak 5000 dengan efek overcharge. Angka tersebut lumayan besar karena hampir menyembuhkan setengah dari total HP, sayangnya sulit untuk mendapatkan kondisi overcharge tersebut.


  Peran Lily untuk party yang cocok adalah sebagai DPS. Karena tidak ada peran lain lagi yang bisa dimainkan olehnya. Walaupun attack Lily bisa dibilang kecil, dengan kombinasi yang tepat. Serangan yang ia hasilkan cukup besar. Pastinya perlu ada support servant yang cocok. Servant tersebut seperti biasa adalah combo Merlin, Wayfer, dan Mash. Untuk servant lain seperti Shakespeare dan Hans juga cocok untuk support Lily. Support lainnya bisa juga dengan Helena dan pastinya Jeanne d’Arc sebagi Healer.

  Craft Essence (CE) yang cocok untuk Lily adalah Heaven’s Feel, Kaleidoscope, The Imaginary Element, Limited/zero Over, dan Verdant Sound of Destruction. Dari list CE tersebut Lily cocok dikombinasikan dengan efek meningkatkan NP strength, meningkatkan demage buster, dan meningkatkan NP gauge. Saya tidak sarankan untuk menggunakan CE dengan efek increase NP gain karena Lily sudah mempunyai skill untuk itu. CE lain yang bisa menjadi pertimbangan adalah yang memiliki efek generate CS seperti A Fragment of 2030.

Heaven's Feel

Sekian review servant kali ini. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Mohon bantuannya untuk klik di sini (ads) dan klik adsense yang ada di dalam artikel ini. Arigatou…

Mata ne…

Comments

Popular Posts