Artoria Pendragon Santa Alter

Santa Stage 4

Welcome to HAS MAG. Kali ini saya akan review servant dengan kelas rider bernama Artoria Pendragon Santa Alter. Sebelum membaca artikel mohon bantuannya untuk klik di sini (ads) dan klik adsense di dalam artikel ini. Terima kasih.

     Santa Alter merupakan servant bintang 4 yang bisa kita dapatkan gratis setelah menyelesaikan event natal (saya lupa tahun berapa, mungkin tahun 2017 di server NA). Servant ini merupakan alter series dari Arturia Alter yang kelas awalnya adalah saber (disebut juga saber alter). Rider memiliki keunggulan ketika lawan kelas caster dan lemah terhadap kelas assassin. Hal ini berarti santa alter memiliki keunggulan ketika daily mission treasury vault (karena musuhnya caster semua). Mari kita bahas apa saja keunggulan dan kelemahan dari servant ini.

Santa  Stage 1-3
     Santa Alter (santa) memilki deck standar dengan buster dan art berjumlah dua dan quick berjumlah satu. Hal ini membuat santa memiliki deck build yang membuatnya cukup mudah untuk mengumpulkan NP gauge dan juga meningkatkan total demage santa dengan buster card miliknya. Servant ini tidak cocok digunakan untuk generate Critical Star (CS) karena kartu quicknya hanya satu. Namun CS bisa didapatkan oleh Santa dengan salah satu skill miliknya, Intuition A.

     Santa memiliki 3 buah skill yaitu Saint’s Gift EX, Intuition A, dan Mana Burst A-. Skillset dari Santa ini mirip dengan kelas sabernya namun ada perbedaan di skill peratamanya. Saint’s Gift memiliki efek menyembuhkan nyawa salah satu allies dan meningkatkan CS generation rate selama 3 putaran. Skill ini dapat digunakan untuk menyembuhkan tim kalian yang sudah kekurangan HP, bisa juga digunakan untuk Santa sendiri. Saya sarankan bebas untuk meningkatkan skill ini ke Lv 6 maupun Lv 10, karena skillnya cukup bagus dan rankingnya EX (paling tinggi).

   Skill Instuition mirip dengan skill saber arturia dan efeknya sama, yaitu mendapatkan CS untuk 1 putaran. Saya sarankan untuk menaikkan skill ini ke level 10 karena CS yang didapatkan lumayan yaitu 15. Sayangnya Santa tidak punya skill untuk mengumpulkan CS sehingga harus menggunakan Craft Essence (CE) ataupun buff dari support servant. Skill terakhir Mana Burst A- memiliki efek meningkatkan demage buster card untuk diri sendiri dalam 1 putaran. Pastinya skill ini harus upgrade sampai lv 10 karena Noble Phantasm (NP) santa bertipe buster.

    Santa memiliki NP dengan nama Excalibur Morgan dengan ranking A++. NP ini bertipe Anti-Fotress dan buster card. NP ini merupakan AoE attack sehingga cocok banget digunakan untuk daily mission. Selain itu NP ini juga memiliki efek meningkatkan NP gauge tergantung dari Np lv, tapi tidak terlalu besar jadi bisa diabaikan. Sayangnya karena bersifat AoE untuk demage individual kurang besar sehingga untuk melawan boss kurang cocok menggunakan NP ini, namun sangat berguna untuk memusnahkan musuh biasa.



  Santa sangat cocok untuk digunakan sebagai DPS sehingga kombinasi yang tepat untuk party dengan servant ini adalah Santa+2 support. Support yang dibutuhkan adalah servant dengan defense buff dan attack buff untuk meningkatkan demage dari Santa. Contoh servant yang cocok sebagai support adalah Mash, Merlin, maupun Zhuge Liang. Osakabehime kurang cocok sebagai support saat ini karena NP milikya belum upgrade sehingga belum bisa buff buster. Ishtar Rider juga cocok untuk buff buster (kalau ngak salah dia ada buff quick and buster di skillya).

Santa April's Fool version
   CE yang cocok untuk Santa bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Kalau untuk daily mission saya sarankan CE dengan efek mulai battle dengan NP 80 persen seperti Kaleidoscope atau Imaginary Element. Tipe lainnya bisa CE untuk meningkat NP strength seperti The Black Grail. Alternatif lain untuk meningkatkan demage NP buster miliknya bisa menggunakan CE seperti Limited/Zero Over. Mystic code yang cocok untuk servant ini seperti baisa adalah Chaldea dan Anniversary Blonde. Semua tergantung dari set party dan CE yang kalian miliki.

CE Kaleidoscope

Sekian review kali ini. Mohon bantuannya untuk klik di sini (ads) dan klik adsense di dalam artikel ini. Arigatou…

Comments

Popular Posts