Zhuge Liang Servant Review

Zhuge Stage 4

Welcome back to HAS MAG. Kali ini saya akan membahas
servant caster yang merupakan support servant andalan yang sering dicari di Fate Grand Order (FGO). Servant tersebut adalah Zhuge Liang (El-Melloi II). Sebelum melanjutkan membaca mohon bantuannya untuk klik di sini (ads), klik adsense, dan share artikel ini di twitter. Terima kasih.

   Zhuge liang, atau dikenal juga sebagai Lord El-Melloi II merupakan sebuah servant yang muncul di story summon gacha namun anehnya setahu saya di main story sendiri servant ini tidak pernah muncul. Servant ini menjadi karakter kunci hanya ketika event crossover FGO dengan Fate Zero. Selain itu sosok ini dikenal juga dengan nama Waver Velvet dan menjadi tokoh utama di Lord El-Melloi II Case Note Rail Zeppelin. Saya suka menonton anime tersebut namun sayangnya saya belum sempat bikin review tentang animenya padahal sudah selesai saya tonton.
Zhuge Stage 1
   Waver memiliki deck dengan Arts oriented card sehingga jumlah kartu arts miliknya ada 3. Sisanya kartu buster dan quick masing-masing 1. Hal ini membuat Waver cepat untuk mengumpulkan NP gauge namun sulit untuk generate critical star dan buster card damage. Waver memiliki atribut Human dan alignment Neutral Good. Traits lain yang dimiliki olehnya adalah Servant, Weak to Enuma Elish, dan Bryhild’s Beloved.
Zhuge Stage 2

   Waver memiliki 3 skill yaitu
Discerning Eyes A, Tactician’s Advice A+, Tactician’s Command A+. Discerning memiliki efek meningkatkan satu ally critical damage untuk 3 turns dan charge NP mereka sebanyak 30%. Tactician’s Advice memiliki efek meningkatkan party defense selama 3 turns, reduces party damage selama 3 turns, dan charge NP party sebanyak 10%. Skill terakhir Tactician’s Command memiliki efek meningkatkan party attack  selama 3 turns, party damage dealt selama 3 turns, dan charge NP party gauge sebanyak 10%.
Zhuge Stage 3
  Skill yang dimiliki Waver ini tanpa terkecuali harus upgrade sampai lv10. Karena semuanya memiliki skill support yang cocok untuk segala jenis servant (tidak perlu melihat apa tipe NP sebuah servant). Sampai saat ini saya belum tahu seberapa besarnya perbedaan buff card performance dan increase attack berapa besar perbedaanya. Karena itu Waver cocok untuk semua tipe party baik itu quick, arts, ataupun buster.

Zhuge April Fool's
   Noble Phantasm Waver memiliki NP dengan nama Unreturning Formation C-. NP yang saya bahas adalah ketika status belum upgrade via Interlude Quest 3. NP ini termasuk klasifikasi Anti-Army dan tidak ada hit-count karena NP ini adalah tipe support. NP ini memiliki efek mengurangi DEF dan debuff curse untuk semua musuh selama 3 turns. Selain itu juga akan mengurangi charge musuh sebanyak 1. Overcharge effect untuk NP ini adalah medium chance untuk debuff stun kepada semua musuh selama 1 turn.

   Craft Essence (CE) yang akan kita dapatkan setelah bond Waver lv 10 adalah Relic of the King. CE ini memiliki kemampuan meningkatkan efektivitas buster card untuk semua allies sebanyak 15% ketika Waver berada di field dan menggunakan CE ini. CE yang cocok untuk dipakai Waver adalah yang menambah efektifitas arts card seperti Formal Craft. Selain arts card juga bisa gunakan CE untuk generate CS seperti A Fragment of 2030 dan His Rightful Place. Untuk charge NP bisa gunakan Kaleidoscope dan Prisma Cosmos.
Relic of the King
   Kombinasi party yang cocok untuk Waver adalah menjadikannya sebagai support servant. Baik itu defense support ataupun attack support karena skillset dari Waver cocok untuk hal itu. Servant yang cocok untuk menjadi DPS bagi Waver adalah semua jenis servant karena buff attack milknya cocok untuk semua servant. Untuk memaksimalkan kemampuan waver, DPS yang cocok adalah servant dengan CS gather rate besar seperti Jack, Jalter, Okita, Scathach, Lancelot saber, dll.

Sekian review kali ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Mohon bantuannya untuk klik di sini (ads), klik adsense, dan share artikel ini di twitter. Arigatou…

Mata ne…

Comments

Popular Posts