Mash Kyrielight Servant Review



Welcome to HAS MAG. Kali ini saya akan review servant di game Fate Grand Order (FGO). Servant pertama yang akan saya review adalah kouhai kita yang paling top yaitu Mash Kyrielight. Sebelum membaca artikel mohon bantuannya untuk klik di sini (ads) dan klik adsense. Terima kasih.

     Mash merupakan satu-satunya servant dengan class Shielder. Sampai saat ini saya masih menggunakan dia sebagai support karena Mash satu-satunya support servant bagus untuk buff pertahanan (defend). Mash merupakan support servant yang digunakan untuk membuat servant kita lebih tahan lama karena semua skill dan Noble Phantasmnya tipe support. Ketika digunakan dengan baik, Mash dapat buff pertahanan party kita unlimited. Kecuali ketika Mashnya mati ataupun kena debuff musuh.

Mash Stage terakhir

     Mash memiliki 1 quick, 2 arts, dan 2 buster. Hal ini menandakan bahwa mash tidak cocok untuk mengumpulkan critical star. Namun cukup baik untuk mengisi NP gauge dan Buster combo. Namun attack Mash sendiri bisa dibilang tidak terlalu besar karena dia secara kelas tidak mendapatkan bonus attack dan juga mendapatkan bonus damage. Karena itulah damage Mash tidak besar dan tidak cocok untuk sebagai DPS. Untuk Mash level 80 dan Fou attack 1000 ketika menyerang dengan combo buster+quick+art biasanya damagenya 15.000-20.000.

     Skill yang dimiliki Mash ada 3, yaitu Honorable wall of Snowflake, Obscurant Wall of Chalk, dan Shield of Rousing Rasolution (ternyata nama skillnya aneh juga ya). Honorable memiliki effect buff defense selama 3 turn dan mengurangi demage sebanyak 2000 untuk 1 kali serangan. Skill ini sangat berguna untuk kelas seperti berserker yang defendnya kecil. Skill ke 2 Obscurant digunakan untuk memberikan buff invicible 1 turn dan meningkatkan NP gauge serbesar 20 persen, berguna untuk bertahan dari NP musuh maupun meningkatkan NP gauge party.

 Mash April Fool

     Skill terakhir Shield of Rousing berguna untuk taunt musuh menyerang Mash dan meningkatkan NP generation rate untuk 1 putaran. Biasanya saya menggunakan skill ini dan digabung dengan skill ke 2 sehingga ketika musuh NPnya single target, Mash bisa menahan semua itu untuk satu putaran sehingga party kalian tidak kandas karena NP musuh. Hal ini tidak berlaku ketika NP musuh bersifat AoE. Skill ke 3 ini juga ketika digunakan dengan baik bisa membuat Mash dari NP gauge 0 bisa tembus ke angka 100 persent dalam satu turn.

     Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara yang paling mudah menggunakan extra attack Mash dan di dalam kombinasi terdapat kartu art di dalamnya, atau menggunakan art combo dan meletakkan Mash di posisi ke 3 untuk mengumpulkan NP gauge yang paling banyak. Ketika semua skill Mash berada di level 10, barulah terasa support dari Kouhai kita yang luar biasa ini. Walaupun di dalam cerita ia tidak bisa membantu kita namun di dalam misi kita masih bisa menggunakannya dengan baik (sampai saat ini di NA masih begitu, ngak tahu kalau server Jepang).

     Noble Phantasm Mash sendiri dengan nama “Lord Camelot” memiliki effect yang luar biasa. NP ini memberikan buff demage cut, defense up untuk party, dan attack up untuk selain Mash selama 3 putaran. Hal ini menandakan bahwa selain buff pertahanan, Mash juga bisa memberikan buff untuk menyerang. Ketika overcharge juga buff defend semakin kuat sehingga ketika NP gauge Mash berada di angka 200 persen, party kalian akan semakin awet berada di area karena serangan musuh bekurang.

     Mash cocok digunakan untuk semua kombinasi servant yang membutuhkan buff defend, contohnya kelas berserker maupun extra class yang tidak memiliki pertahanan dari class advantage. Sehingga Mash cocok digunakan hampir untuk semua kombinasi party secara general, namun biasanya beberapa pemain mengganti Mash dengan Zhuge Liang karena buffnya memang lebih bagus dari Mash. Namun saya lebih prefer buff defend Mash karena ia bisa memberikan buff secara terus menurus dengan skill dan NPnya ketika digunakan dengan tepat.

Mash Swimsut Costume

     Kombinasi yang biasa digunakan untuk mash adalah dengan satu servant healer dan satu servant DPS. Contohnya saya sendiri biasanya menggunakan kombo Mash+Jeanne+Jeanne Alter sehingga JAlter bisa lebih lama hidup di lapangan dan Jeanne bisa menyembuhkan party dan menyelamatkan mereka dari NP area musuh. Kombinasi lainnya bisa juga menggunakan mash dengan 2 berserker lain sehingga mereka bisa lebih leluasa membantai musuh dan tidak cepat mati karena serangan mereka (tapi kalau kena critical attack terus ya cepat mati juga).

     Beberapa pemain ada yang memasukkan mash untuk sub party paling belakang karena Mash sangat cost efficient sehingga sisa slotnya bisa memasukkan lebih banyak servant dan CE bintang lima. Saya sendiri biasanya memasukkan Mash di depan, tergantung situasi dan kondisi. CE yang cocok untuk Mash ada beberapa, tergantung kombinasi apa yang ingin digunakan oleh pemain. Kalau ingin Mash lebih awet di lapangan bisa gunakan CE yang menambahkan defend, karena cocok sekali untuk Mash.

     CE lainnya kalau ingin buff defend secara terus menerus dengan NP bisa gunakan CE yang meningkatkan NP generate rate atau yang menambahkan NP gauge secara otomatis tiap putaran. Untuk party yang menggunakan CE star generate combo untuk mash ini cocok untuk CE "A Fragment of 2030", karena star generatenya cukup tinggi dan Mash tidak perlu buff attack dan segala macam. Ketika dipasangkan dengan 2 CE lain yang bisasanya generate 4 star ketika maximum limit break, kita bisa mendapatkan Critical sebanyak 16 star tiap putaran tanpa harus menggunakan quick card.

CE A Fragment of 2030

     Sekian untuk review servant kali ini. Berikutnya mungkin saya akan review servant kelas Saber, kemudian di roling kelas Archer sampai kelas special lagi dan balik lagi ke saber. Kemungkinan besar saya akan review servant bintang 1-3 dulu, baru naik servant bintang 4 ataupun bintang 5 yang saya punya. Saya hanya review servant yang sudah saya pakai, ditambah dengan review dari sumber lainnya dan pendapat mereka kemudian menambahkan ke playstyle saya. Kalau ada saran kombinasi Mash apa menurut kalian yang bagus? bisa tambahkan di komentar.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Mohon bantuannya untuk klik di sini (ads) dan klik adsense di artikel ini. Jangan lupa juga untuk share dan komen artikel ini ya. Arigatou…


Comments

Popular Posts