Serunya Ennichisai 2019!!!


Sebelum baca artikel bisa minta tolong klik di sini, arigatou...

     Pada tanggal 22 Juni kemarin, saya berkesampatan datang ke Ennichisai 2019 terletak di Blok M Square, Jakarta Selatan. Ini pertama kalinya saya datang ke event Jepang di Jakarta (biasanya saya datang di event Jepang Yogyakarta). Rintangan pertama yang harus saya hadapi adalah menempuh perjalanan dari Tangerang Selatan ke Jakarta Selatan.

     Pertama-tama saya naik angkot dulu lalu turun di stasiun Serpong. Dari sana saya naik KRL dan turun di Kebayoran. Saat di KRL saya tidak dapat tempat duduk jadi saya berdiri, lumayan pegal. Dari kebayoran untungnya saya melihat metro mini dan naik itu hingga sampai ke terminal blok M. Sampai di sana tinggal jalan kaki sekitar 5-10 menit dan sampailah ke tempat Ennichisai 2019. Ongkos yang saya habiskan untuk pergi ke Ennichisai sebesar Rp 12.000 (angkot 5000, krl 3000, metro mini 4000). Pulangnya saya pakai Gojek Rp 12.000, KRL Rp 3.000 dan angkot Rp 5000. Total kurang lebih ongkos habis Rp 32.000.

     Saya sampai di acara jam 10.30, saat itu acara resmi belum dimulai tapi stand-stand sudah mulai berjualan dan pengunjungnya juga sudah banyak. Saya saat ini belum membeli-beli merchandise hanya muter-muter saja sambil nunggu teman saya datang. Setelah teman saya datang, kami menonton acara di Pop Stage sampai waktu malam tiba. Setelah capek event sampai malam, kami pulang sekitar jam 19.45 (saat kami pulang panggung pop dan main stage masih ramai).

     Ennichisai memiliki 3 panggung yaitu Pop Stage, Main Stage, dan Chika stage. Masing-masing stage memiliki acara yang berbeda, karena itu saya pilih Pop Stage karena memang yang mau saya tonton semuanya ada di situ. Untungnya terdapat waktu break untuk makan siang, shalat asar, dan maghrib sehingga saya sebagai umat islam memiliki waktu untuk melaksanakan shalat tanpa ketinggalan acara di panggung.

ada beberapa hal menarik yang saya temukan di sini, yaitu:
  • Pengunjung yang Antusias
 Pengunjung Ennihicsai Malam hari

Pengunjung Ennichisai Pagi hari

     Saya kaget ketika datang acara belum ada yang mulai tapi setiap stand sudah penuh dengan para pengunjung yang antusias untuk melihat-lihat maupun membeli barang-barang yang disajikan di stand. Selama ini saya datang ke event jepang, baru kali ini saya melihat banyak sekali pengunjung yang datang. Mungkin tidak semua mengincar goods anime, tapi juga makanan-makanan unik yang berasal dari Jepang seperti Ringgo ame, Okonomiyaki, Ramen, dll. Melihat banyaknya orang yang hadir jadi pengen pulang :3.
  • Panggung lebih dari satu
Penampilan di Pop Stage

     Biasanya kalau ada event jepang hanya memiliki 1 panggung, tapi hebatnya, di ennichisai ada 3 panggung yang semuanya memiliki acara-acara yang berbeda. Memang bagi yang sudah sering ke Ennihicsai ini bukan hal baru, namun bagi saya hal ini sungguh luar biasa karena biasanya panggung paling banyak pernah saya hadiri hanya 2 panggung. Walaupun ada 3 panggung saya tidak mendatangi semua panggung karena keterbatasan waktu dan lokasi yang cukup berjauhan sehingga saya enggan untuk pindah dari satu panggung ke panggung lainnya.
  • Jadwal yang super ketat



     Melihat jadwal biasanya hanya ada satu untuk satu event, di Ennichisai terdapat 3 jadwal acara untuk masing-masing panggung. Otomatis kalau anda ingin datang ke semua panggung harus direncanakan dari awal mau ke panggung mana dan jam berapa karena tempatnya ramai sehingga kemungkinan pindah panggung itu sulit.
  • Stand yang sangat banyak
     Stand di Ennichisai sangat beragam mulai dari goods anime, makanan Jepang, hingga education area di mana stand menyediakan kesempatan untuk anda yang ingin bersekolah maupun pergi kerja ke Jepang. Bekerja di Indonesia sudah nyaman, kalau harus adaptasi lagi ya.... mungkin bagi yang tertarik bisa datang ke stand tersebut (plus, gaji di Jepang mungkin lebih besar dibandingkan dengan di Indonesia).
  • Tidak ada lagi Ennichisai tahun depan
     Ketika saya di main stage, saya datang ke stand Ennihchisai dan di sana saya diberikan koran yang judulnya "Ennichisai 2019, adalah Ennihchisai terakhir di Blok M". Isi dari artikel tersebut kurang lebih memberitahukan bahwa Ennichisai tahun depan tidak akan diadakan karena panitia akan mencari tempat baru untuk lokasi Ennichisai. Hal ini dikarenakan jumlah pengunjung yang bertambah sehingga blok M tidak mampu lagi untuk menampung para pengunjung yang datang (ya, itu betul sekali).

     Semoga tidak membutuhkan waktu lama untuk acara Ennichisai diadakan di tempat yang baru karena walaupun capek, tapi acara-acara yang diadakan di Ennihicisai seru sekali terutama bagi kamu yang suka budaya dan hiburan-hiburan yang ada di Jepang.

sekian artikel kali ini, Jangan lupa share, komen, dan subscribe blog ini. Mata ne...

Comments

Popular Posts