Kenja no Mago menggunakan blueprint sama untuk beberapa rumah


Rumah Kazuma di Konosuba


Sebelum membaca artikel jangan lupa matikan adblock dan klik adsense di blog ini ya, arigatou...     
      Sepertinya beberapa orang terutama yang sudah menonton anime Konosuba sudah paham maksud dari berita ini. Sejak dari episode 1 anime Kenja no Mago (Wise Man's Grandchild) sudah banyak yang membicarakan bahwa gambar rumah dari sang tokoh utama, Shin Wolfrod mirip dengan rumah yang ditinggali oleh Kazuma di Konosuba setelah ia pindah dari kandang kuda.

     Memang praktik ini sebenarnya tidak baru. Beberapa anime lain dan bidang animasi industri lainnya biasanya menggunakan blueprint atau rancangan yang sudah ada dan hanya memodifikasi beberapa bagiannya sehingga terkesan objek tersebut berbeda padahal sebenarnya sumbernya sama. Hal ini dilakukan tentunya dengan tujuan untuk mempersingkat waktu pengerjaan projek sehingga dapat selesai sebelum deadline. Bidang lain seperti programmer juga menggunakan kode yang sama untuk mengerjakan beberapa projek dan hanya melakukan modifikasi sesuai kebutuhan.

Rumah yang muncul di Kenja no Mago

     Sebenarnya tidak ada yang salah dalam melakukan hal ini, selama sumber yang kita pakai memang open source (gratis) dan boleh di modifikasi sesuka hati atau memang blueprint yang kita pakai adalah milik kita sendiri yang sebelumnya dibuat untuk projek sebelumnya dan kita pakai ulang. Karena background art director Konosuba dan Kenja no Mago dipegang oleh orang yang sama jadi seharusnya tidak ada masalah hukum dalam hal ini.

     Munculnya masalah biasanya dari kalangan yang menonton anime ini mungkin merasa bosan melihat background yang itu-itu saja. Saya pribadi tidak ada masalah dengan hal ini karena saya menonton anime menikmati adegan pertarungan dan cerita yang disuguhkan oleh anime ini. Selama karakter dan background ngak jelek-jelek amat ya seharusnya anime ini masih layak masuk ke dalam daftar anime yang harus ditonton di musim ini.

Jangan lupa matikan adblock dan klik adsense di blog ini ya, arigatou...

Sumber:

Comments

Popular Posts