Saekano Episode 8-9 Review


* Spoiler Alert *
·       
  •   Story and Opinion

     Dua episode kali ini kita akan fokus kepada Eriri Spencer Sawamura setelah beberapa minggu lalu selesai konflik dengan Utaha Kasumigaoka.

     Episode 8 kita melihat bahwa Summer Comiket telah dimulai. Tomoya Aki pegi ke Comiket bersama dengan Megumi Katou. Di sana mereka membantu Izumi Hashima menjual Doujinshi yang ia buat. Setelah membaca doujinshi milik Izumi Aki langsung memiliki semangat yang luar biasa untuk mempromosikan karya kouhainya tersebut hingga akhirnya doujinshi tersebut terjual habis. Aki kagum karena walau hanya dalam 1 tahun mulai menggambar Izumi sudah dapat membuat ide cerita yang bagus, walaupun karena cerita yang diubah secara mendadak itulah pada bagian akhir doujinshi milikinya memliki halaman yang belum diwarnai (di tone kalau ngak salah namanya). Namun tetap saja hasil yang diterima memuaskan. Melihat Aki yang senang dengan karya Izumi membuat Eriri cemburu sehingga saat comiket hari pertama selesai mereka bertengkar di jalan sehingga ada kemungkinan Eriri akan berhenti menjadi ilustrator dari game Aki. Apa yang akan terjadi selanjutnya?.

     Episode 9 menceritakan akhir dari masalah dengan Eriri melanjutkan dari episode kemarin. Aki yang sedang gelisah dibantu oleh Katou dan Utaha untuk berbaikan dengan Eriri. Karena itu mereka bertiga membuat rencana berdasarkan cerita Little Raphsondy (plesetannya lupa namanya) untuk berbaikan dengan Eriri. Setelah rencana selesai dibuat Aki pergi ke comiket di hari ke 3 untuk membeli doujinshi di sana dan juga meminta bantuan kepada Iori Hasima untuk berbaikan dengan Eriri. Saat malam hari di rumah Eriri diadakan pesta setiap tahun bersamaan dengan dimulainya kembang api. Di saat itulah Aki mengajak Eriri untuk pergi  ke SD mereka sekolah dulu. Aki berusaha untuk berbaikan dengan Eriri menggunakan skenario yang sudah dibuat, namun karena tidak berhasil Aki meluapkan perasaanya selama 8 tahun ini kepada Eriri yaitu rasa kesal kepada Eriri karena dulu Eriri duluan yang meninggalkan Aki saat mereka berdua diejek teman sekelas mereka sebagai pasangan otaku. Aki saat itu sangat bersedih karena hanya Eriri lah teman yang sehobi denganya. Eriri yang mendengar hal itu juga berbalik protes kepada Aki karena bukan hanya Aki saja yang merasa sedih, namun dirinya juga sangat sedih karena tidak bisa lagi berbicara dengan Aki seputar anime di sekolah. Setelah marah-marah satu sama lain Eriri memutuskan untuuk mejadi nomor 1 bagi Aki  dan sampai saat itu tiba ia tidak akan minta maaf. Selesailah konflik dengan Eriri kali ini (mungkin?). Di tempat lain Iori memberikan adiknya, Izumi tanda tangan dari Eriri sebagai doujinshi Eri Kashigawa dan di balik tanda tanganya ia menulis kalimat tantangan kepada Izumi. Bagaimana kisah Aki dkk selanjutnya?.

     Kisah mengenai Eriri kali ini tidak kalah bagus dengan Utaha kemarin (karena saya lebih suka Utaha jadi sudah jelas saya lebih suka kisah yang mana). Sekali lagi kita dibuat sadar bahwa Aki benar-benar seorang otaku kelas berat dan memiliki perasaan yang tidak peka sehingga saat ada masalah dengan orang lain ia kesulitan untuk mengatasi hal tersebut dan malah enggan meminta bantuan orang lain. Untungnya ada Utaha dan katou yang menolong dirinya kali ini, sedangkan saat Utaha kemarin yang membantu Aki menemukan jawaban dari masalahnya dengan Utaha adalah Katou. Memang indah sekali jika kita punya teman yang bisa membantu kita untuk menyelesaikan masalah. Seperti biasanya kualitas gambar kali ini tidak kalah bagus dengan episode sebelumnya. Kecuali ketika adegan flashback masa kecil Aki dan Eriri yang sepertinya memang sengaja digambar dengan warna krayon (kena banget sih kesan kanak-kanaknya). Berbeda dengan saat flashback masalah dengan Utaha masih menggunakan art yang sama dengan kisah utamanya. Bisa dibilang kasus Eriri ini aneh atau unik (kita anggap saja unik). BGM saat adegan-adegan penting juga pas sekali dengan adegan yahng terjadi, karena tidak mungkin saat adegan sedih dan serius akan disetel BGM yang ceria dan konyol.

     Sekian review kali ini. Terima kasih sudah membaca review ini. Mohon maaf jika ada salah kata maupun typo. Share artikel ini ya bro :v. Semoga Saekano ke depan menjadi lebih bagus dan menarik lagi.

Mata ne...
  • ·         Rating A
  • ·         Screenshot (episode 9 only)











Comments

Popular Posts