Absolute Duo Episode 7-12 Review (End)


* Spoiler Alert *

                Musim dingin kemarin anime ini sempat menjadi heboh karena adanya karakter yang banyak disukai oleh semua orang, Julie Sigtuna. Selain itu, cerita lumayan menarik dan seru untuk diikuti sehingga banyak orang yang menonton anime ini. Namun ada juga beberapa orang yang berpendapat bahwa cerita anime ini berbeda dari sumber aslinya, tetapi karena saya belum membaca karya aslinya jadi tidak bisa membuktikan apakah hal tersebut benar atau tidak.

                Cerita dilanjutkan dengan kisah Thor Kokonoe dkk pergi melakukan camp musim panas. Acara tersebut diadakan untuk melatih para exceed agar kemampuan mereka dapat meningkat dengan menjalani latihan di sana. Tetapi di pulau tempat mereka mengadakan camp telah siap pasukan yang terdiri dari murid yang dahulu tidak berhasil masuk ke Koryo Academy High School, karena kalah dalam pertarungan pertama mereka, Imari Nagakura merupakan salah satu dari banyak siswa yang memutuskan untuk mengikuti latihan di pulau tersebut, setelah dulu kalah melawan Thor. Setelah acara camp selesai, tiba-tiba tempat mereka berada di serang oleh Rebels yang tempo hari berniat untuk menculik Lilith Bristol saat pertarungan dengan Thor di Mall. Tujuan mereka kali ini adalah sang kepala sekolah, Sakuya Tsukumo. Thor dan Julie segera pergi untuk menolong kepala sekolah dari genggaman K, anggota dari rebels yang memiliki kemampuan yang hebat. Saat Thor sudah sekarat Julie mengerahkan kemampuan terpendamnya sehingga K berhasil dikalahkan, namun setelah K sudah tidak berdaya, Julie berniat untuk membunuhanya karena ia sedang lepas kendali, sehingga Thor berusaha untuk menyadarkan Julie. Untungnya, Julie sadar dan kembali seperti semula, namun masalah berikutnya sudah menanti dengan diadakannya reign conference.

                Reign converence merupakan pertemuan pemimpin dari berbagai kekuatan super di dunia seperti Exceed, tidak terkecuali pemimpin dari Rebels pun datang menghadiri konfederasi tersebut. Saat pertemuan mereka dimulai, Rebels berniat untuk melancarkan serangan ke sekolah Thor dkk untuk menentukan pasukan mana yang lebih kuat, Exceed ataukan Units. Sang kepala sekolah menerima tantangan dari Rebels dan mau tidak mau Thor dkk telah terlibat ke dalamnya. Saat mereka mulai melawan unit, Miyabi Hotaka yang kemarin dinyatakan hilang ternyata pergi ke tempat Rebels. Di sana, ia mendapatkan kekuatan Units sehingga dirinya menjadi lebih kuat, namun tentunya ada beberapa efek samping dari hal tersebut. Setelah melihat kembali Miyabi, Tomoe Tachibana meminta Thor dkk untuk menyerahkan Miyabi kepada dirinya, ia ingin mengembalikan Miyabi seperti semula dengan tangannya sendiri. Thor dkk menyetujui permintaan itu dan mereka pergi melawan pasukan Units yang lain. Setelah beberapa waktu berlalu Thor dan Julie kembali bertemu dengan K dan mereka kembali saling bertarung. Thor dan Julie sempat terdesak karena K bertambah kuat, namun berkat serum yang dimiliki Thor membuat ia naik level sehingga kemampuannya meningkat dan ia sekarang bisa menggunakan skill Aegis Desire. Skill tersebut dapat melindungi dirinya dan area di sekitarnya beberapa meter. Berkat itu ia berhasil mengalahkan K bersama dengan Juliet dan usaha Rebels untuk mengalahkan Exceed berakhir.

                Namun cerita belum selesai sampai di situ, K yang  berkhianat dari Rebels memaksa mendapatkan kalung yang dapat meningkatkan kekuatannya dari tuannya. Dengan kemampuan yang maksa tersebut ia kembali berhadapan dengan Thor dan Julie. Julie yang sempat lepas kendali karena Thor kembali terluka berat berhasil membuat K terdesak walaupun ia sudah bertambah kuat. Setelah K tidak berdaya, Julie yang masih lepas kendali berniat untuk membunuh K, tetapi Thor berhasil menyadarkan Julie dan menghentikan niat membunuhnya itu. Setelah K kalah, Thor dkk yang mengalami luka berat saat pertempuran di rawat di rumah sakit. Setelah Thor sembuh, ia pergi mencari Julie karena ia tidak melihat Julie akhir-akhir ini. Thor akhirnya menemukan Julie di menara jam tempat mereka menyatakan sumpah menjadi Duo dulu, di sana Julie bercerita bahwa senjata miliknya berbeda dengan Exceed. Julie mengaku bahwa senjata miliknya disebut Ei Awakes. Berbeda dengan Exceed, Ei Awakes bangkit dengan alami tanpa campur tangan manusia seperti dengan Exceed, sehingga ia memiliki beberapa perbedaan dengan senjata Exceed biasa. Ei Awakes lebih tidak stabil dibandingkan dengan Exceed, sehingga Julie takut jika Thor mengetahui hal tersebut, ia akan pergi dari sisinya. Namun, Thor tidak peduli akan hal itu dan ia ingin tetap menjadi Duo dengan Julie. Setelah mereka mengucap kembali sumpah sebagai Duo, berakhirlah kisah dari anime ini.

                Anime ini tayang sebanyak 12 Episode pada musim dingin tahun ini. Anime ini berasal dari Ligh Novel, sehingga bagi kalian yang pernah membaca karya aslinya mungkin akan merasa senang akhirnya dapat melihat karakternya bergerak ataupun sedih karena ceritanya berbeda dengan karya aslinya. Untuk segi cerita saya tidak tahu apakah anime ini sesuai dengan aslinya atau tidak, karena saya sendiri belum pernah membaca karya aslinya. Tanpa melirik sourcenya saya dapat bilang anime ini memiliki cerita yang cukup baik, terutama dalam pengembangan karakter masing-masing tokohnya. Tentunya kedua tokoh utama kita, Julie dan Thor lebih mencolok perkembangannya dibandingkan teman-temannya, karena waktu yang disediakan terbatas sehingga tidak mungkin semua karakter ditampilkan satu persatu secara detail. Kisah-kisah awal sudah cukup menarik di mana kita melihat Thor ddk berlatih sebagai Exceed untuk meningkatkan kemampuan mereka. Pertengah cerita mulai terlihat arah perkembamgan cerita dengan munculnya organisasi antagonis Rebels bersama dengan pasukannya, Units. Setelah itu menjelang akhir-akhir cerita kita diperlihatkan persaingan sengit antara K dengan Thor bersama Julie di mana mereka saling bertarung dengan ideologi mereka masing-masing, K yang ingin memusnahkan segalanya dengan Thor yang ingin melindungi semuanya dengan perisainya. Dari segi grafis bisa dilihat bahwa dalam anime ini lumayan baik, walaupun mungkin ada beberapa adegan yang background terlalu gelap sehingga adegan yang terjadi kadang-kadang tidak jelas. Tetapi secara kesuluruhan Anime ini cukup bagus untuk ditonton dan menurut saya pribadi tidak akan rugi jika kita menonton anime ini. Fanservice yang ada tidak begitu diperlihatkan secara blak-blakan dan pastinya ada sensor yang masih normal, berbeda dengan manganya. Light Novel dari anime ini akan diterbitkan di Indonesia sebentar lagi, namun saya sendiri masih belum melihatnya di Gramedia daerah Jogja, semoga sebentar lagi muncul novelnya di Indonesia.


                Sekian review kali ini, terima kasih sudah membaca review ini, mohon maaf jika ada salah kata maupun typo dalam review ini. Share artikel ini ya, onegaishimasu.

Screenshot






Comments

Popular Posts