Log Horizon S2 Episode 11-25 (end)



* Spoiler Alert *


  • Story and Opinion
     Tidak terasa sudah 2 musim Log Horizon S2 ini telah menghibur kita di malam minggu (hayo, siapa tuh?). Cerita yang muncul di episode-episode ini bisa di bagi ke dalam beberapa arc yaitu:

  1. Shiroe Raid di Susukino
  2. Petualangan Kanami
  3. Petulalangan Tohya dkk untuk quest Magic Bag
  4. Genius (makhluk luar angkasa)
    Kurang lebih seperti di atas, kalau ada salah-salah maklum sudah lama nontonya dan saya sedang malas untuk menonton ulang episodenya.

     Arc pertama Shiroe Raid. Setelah berkali-kali kalah mereka menghadapi situasi yang sangat tidak terduga, yaitu melawan 3 boss raid sekaligus.  Hal ini terjadi saat salah satu boss raid nyawanya sudah berkurang di tingkatan tertentu kemudian 2 boss raid yang bersembunyi akan muncul. Shiroe memiliki strategi untuk melawan boss satu persatu sehingga mereka berhasil mengalahkan ke 3 boss raid tersebut. Selagi yang lain ssedang melawan boss raid Shiroe berhasil bertemu dengan Kinjou yang ternyata merupakan boss raid di tempat tersebut yang terletak di dalam gudang harta. Shiroe berhasil bernegosiasi dengan Kinjou sehingga masalah keuangan The Round Table dapat teratasi.

    Arc kedua berkisah mengenai Kanami yang hanya mengambil jatah singkat (seingat saya 1-2 episode). Cerita Kanami mengambil tempat di server China, sehingga ia memiliki jarak yang jauh untuk sampai di server Jepang. Party yang ia miliki pun berupa karakter dari server amerika dan juga salah satu dari people of the land (lupa namanya apa). Sama seperti Shiroe, Kanami juga memiliki petualangan sendiri di sana dan ia juga memiliki tujuan untuk pergi ke server Jepang agar dapat bertemu dengan Shiroe, namun sejauh season ke 2 ini mereka hanya bercakap lewat satelit dan belum bertemu langsung.

     Arc quest Magic Bag. Di bagian ini kita mendapatkan jatah yang lama karena petualangan Tohya dkk memang penjang karena mereka melakukan petualangan dengan menggunakan kereta kuda. Di petualangan mereka banyak hal yang terjadi. Di antaranya pertemuan dengan Roe 2, yang merupakan tokoh kunci cerita berlanjut ke arah yang menarik, serta Nureha yang bertemu dengan Tohya dkk dengan menyamar sebagai People of the land. Tentunya selain pertemuan dengan kedua tokoh penting itu mereka juga melindungi kota dari serangan Wyvern yang mendadak menyerang kota. Walaupun ada Odysey Knight (lupa tulisan tepatnya) yang hadir saat penyerangan itu terjadi, mereka tidak mempedulikan keselamatan kota dan malah ingin bunuh diri secara sengaja berkali-kali karena mereka memiliki mesin yang dapat digunakan sebagai acces point agar saat mereka mati tidak harus jalan jauh dari cathedral samapai kembali ke kota. Di bagian ini Tohya berusaha untuk menyadarkan para ksatria namun perjuagnan tersebut tidak berhasil. Selain masalah Wyvern, Isuzu juga memiliki konflik sendiri karena ternyata di dunia tersebut lagu hanya ada 42 (kalau saya tidak salah ingat, sekitar segitu) dan mereka tidak memperbolehkan lagu selain 42 lagu tersebut terdengar oleh para people of the land. Namun lagu yang Isuzu bawakan tidak termasuk ke dalam 42 lagu tersebut sehingga para People of the land sangat menyukai konser Isuzu. Selesai arc ini kita akan memasuki arc terakhir yang menguak misteri baru di season ini yaitu Genius arc (ngarang sendiri nih, kalau di tempat lain beda it's okay).

     Arc genius dimulai dengan kemunculan monster aneh di dalam kota Akihabara setelah hilangnya barrier karena kejadian Royal Armor yang dicuri tempo hari. Monster yang muncul adalah Genius of Marriage dan Genius of Scale. Mereka memiliki kemampuan di bidangnya masing-masing sesuai dengan nama mereka. Karena kemunculan monster aneh tersebut, serta surat dari Roe 2 yang ternyata merupakan pihak ke 3 yang Shiroe cari-cari selama ini membuat Shiroe dkk harus mencari tahu keberadaan makhluk ke 3 ini karena mungkin mereka mungkin memiliki cara agar para adventurer dapat kembali ke dunia nyata. Untuk melakukan hal tersebut mereka harus mencari cara untuk berkomunikasi ke bulan untuk membicarakan hal tersebut. Namun seperti disengaja, saat mereka ingin mengontak bulan muncul Genius yang mengontrol monster Moth yang dapat membuat People of the land tidur karena MP yang terus-menerus dihisap. Awalnya adventurer tidak terpengaruh, namun keesokan harinya adventurer mulai jatuh tertidur dan penyebab hal tersebut terjadi masih belum di ketahui. Setelah penyelidikan ternyata Shinjuku (kalau tidak salah), tempat terdapatnya antena yang mungkin bisa menghubungkan mereka ke bulan telah berbubah menjadi Raid dan tower di tempat tersebut menjadi sarang monster yang menyerang mereka akhir-akhir ini. Shiroe langsung membuat party Raid untuk menaklukan tempat tersebut yang terdiri dari berbagai macam player dan beragam level. Sampai di tempat Raid Shiroe sempat tidak fokus karena memikirkan kemungkinan mereka tidak bisa ke bulan jika tower tersebut hancur, namun jika tower tersebut tidak dihancurkan monster tersebut akan semakin banyak dan mungkin seluruh player di Log Horizon akan tertidur. Berkat bantuan teman-temanya Shiroe kembali bangkit dan berhasil mengalahkan boss raid yang berada di tempat Raid tersebut. Setelah berhasil mengalahkan Boss Raid Shiroe dkk berhasil membuat antena berfungsi berkat bantuan Regal. Seharusnya mereka mengontak orang di bulan namun ternyata mereka malah berhasil menghubungi Kanami, salah satu rekan Shiroe di After Tea Party yang sekarang sedang berada di server China. Di sana mereka ngobrol-ngobrol dan Shiroe mengambil kesimpulan untuk berusaha menyambungkan 2 dunia. Dunia asli dan Log Horizon. Sehingga mereka bisa pulang kapanpun mereka mau dan mereka juga bisa kembali berpetualang kapanpun. Kanami juga memberitahu Shiroe bahwa Crusty yang dari pertengahan episode sudah hilang ternyata berada di server China bersama tangan dari anggota guildnya (buset dah tuh tangan di bawa-bawa). Bagaimana kisah Shiroe selanjutnya? sayangnya hingga artikel ini ditulis belum ada kabar dari season ke 2 nya, tidak seperti season ke 1 nya kemarin. Semoga cepat ada berita terbaru.

     Tidak terasa sudah 2 musim kita ditemani oleh anime yang epic ini (menurut saya). Karena walaupun dengan mengangkat tema game anime ini memiliki banyak pelajaran hidup yang bisa kita petik, terutama untuk para gamer. Apalagi saat Shiroe dan Akatsuki mati dan mereka berkembang menjadi pribadi yang lebih baik setelah kekalahan tersebut. Dari segi cerita sepertinya berjalan lumayan cepat karena tiba-tiba muncul pihak ke 3 yaitu Genius yang menggunakan karakter cadangan para pemain Log Horizon yang tidak terpakai sebagai avatar mereka. Contohnya Roe 2 yang muncul saat Minori dkk sedang quest Wyvern. Walaupun begitu tetap saja cerita terasa sangat lambat karena setiap konflik yang terjadi dirasa lama sekali selesainya. Hampir lebih dari 5 episode dalam sekali konflik. Tentunya setiap akhir dari masalah tersebut membuat penonton puas menunggu akhir dari konflik itu. Masih banyak misteri yang belum terkuak di dalam Log Horizon. Shiroe dkk juga harus mengatur strategi untuk berteman dengan pihak-pihak besar lainnya karena hanya dengan kemampuan The Round Table sepertinya mimpi untuk kembali ke dunia nyata sangatlah sulit. Bagi kalian yang sudah menonton season 1 nya pastinya harus menonton season 2 nya ini. Karena banyak karakter baru yang muncul di season ini. Bagi yang belum sama sekali nonton anime ini. Disarankan segera nonton jika kalian suka dengan cerita bertema game dan strategi.

     Sekian review kali ini. Terima kasih telah membaca review ini. Mohon maaf jika ada salah kata maupun typo dalam review ini. Share artikel ini ya, siapa tahu ada yang jadi suka anime nanti.

Mata ne...
  • Rating B+
  • Screenshot













Comments

Popular Posts