Saekano Episode 0-7 Review



* Spoiler Alert *
  • Story and Opinion
     Tomoya Aki (Yoshitsugu Matsuoka) adalah seorang remaja otaku yang masih bersekolah di SMA. Pada saat liburan ia bertemu dengan seorang wanita yang ia tolong saat topinya terbang terbawa angin. Sejak pertemuan itu Aki memiliki keinginan yang besar untuk membuat game berdasarkan dari pertemuan tersebut. Karena itu ia mencari bantuan kepada teman-temanya untuk membuat game tersebut dan merilisnya saat winter comiket tiba.

     Tentunya perjuangan Aki tidak berjalan mulus karena teman masa kecilnya Eriri Spencer Sawamura (Saori Ounishi) yang merupakan seorang doujin terkenal menolak ajakan Aki untuk menjadi ilustrator dalam gamenya walalupun Aki sudah berusaha dengan keras meminta tolong kepadanya. Selain Eriri juga ada senpai Aki, Utaha Kasumigaoka (Ai Kayano) yang ia minta bantuan untuk membuat scenario gamenya menolak bekerjasama karena proposal yang Aki buat tidak memuaskan senpainya tersebut. Selain mereka berdua Aki juga bertemu dengan Megumi Katou (Kiyono Yasuno) yang ternayata adalah cewek yang ditemui Aki saat liburan tersebut. Kato ternyata beda dengan yang Aki bayangkan karena ia benar-benar tidak memiliiki sikap yang pantas untuk menjadi Heroine dari game yang akan ia buat. Karena itulah ia melatih paksa Kato hingga menjadi Heroine yang ia inginkan. Kato memiliki sikap yang flat sekali tanpa ekspresi dan selalu berbicara dalam nada datar. Hawa keberadaannya juga tipis sehingga kadang orang tidak menyadari saat ia tiba-tiba pergi ngak bilang-bilang. Padahal Kato sendiri menurut saya lumayan cantik namun karena sikapnya itulah ia tidak begitu menarik perhatian orang.

     Setelah berjuang dengan keras akhirnya Eriri dan Utaha setuju untuk membantu Aki dalam membuat game tersebut dan mereka juga sudah memiliki jadwal untuk pembuatannya. Kemudian munculah Kouhai dari Aki dan Eriri yang dulu pindah tiga tahun lalu saat mereka SD yaitu Izumi Hashima (Chinatsu Akasaki). Izumi memiliki karakter yang unik dan juga bagian tubuh yang terlalu dewasa untuk anak seusianya. Selain Izumi juga muncul tokoh baru di episode 7 yaitu kakak dari Izumi, yaitu Iori Hasghima (Tetsuya Kakihara). Dia mirip seperti Aki yaitu seorang otaku kelas berat namun ia memiliki tampang yang ganteng dan menggunakan kelebihanya tersebut untuk menjadi orang nomor satu di dunia otaku dengan cara yang berbeda dengan Aki. Iroi juga berbeda dengan Aki di mana Aki menjadi otaku untuk menikmati anime dan sejenisnya dengan sepenuh hatinya dan Iori hanya suka anime sebagai bahan keuntungan semata. Iori Sekarang telah sukses menjadi pengurus circle yang terkenal dengan metode yang tidak disukai Aki tersebut dan ia menantang Aki dalam winter comiket karena circle yang ia masuki juga akan membuat game sama seperti circle buatan Aki. Circle milik Iori juga tertarik untuk merekrut Eriri masuk menjadi anggota mereka karena mengetahui jati diri Eriri sebagai seorang doujinshi terkenal Eri Kashigawa. apa keputusan Eriri? Apakah ia akan mengikuti Iori dan meninggalkan Aki? Mampukah game buatan Aki dkk menang dari game buatan circle Iori? Mari kita tunggu kelanjuyannya minggu depan.

     Tidak terasa sudah 8 minggu kurang lebih anime ini tayang. Seharusnya sekarang Saekano sudah mencapai episode 8, namun anime ini mulai tayang dengan episode 0 sama seperti Fate Stay Night Unlimited Blade Works yang tayang pada musim yang lalu. Episode 0 Saekano bercerita mengenai 6 bulan setelah Aki dkk membuat game dan sudah memasuki tahap akhir penyelesaian game mereka. Sehingga mungkin ada beberapa penonton yang bingung ketika menonton episode 0 nya jika belum pernah membaca  manga maupun novelnya terlebih dahulu. Namun tidak ada salahnya jika kita mulai menonton episode 0 lebih awal sehingga saat nonton Episode 1 kita bisa lebih memahami perjuangan Aki yang tadinya ditolak proposalnya hingga memiliki beberapa teman di dalam circlenya tersebut.

    Menurut saya point jual utama dari serial anime ini adalah di bidang comedy dan romancenya. Karena bisa kita lihat walaupun mereka membuat game, semua proses pembuatannya tidak diperlihatkan secara detail seperti anime Shirobako yang benar-benar menayangkan proses kerja di perusahan animator anime. Karena itu yang ditayangkan hanya saat event-event seperti Utaha ketika bermasalah dengan Aki dalam pembuatan cerita game yang juga menampilkan flashback saat pertemuan pertamanya dengan Aki dan masa lalu mereka bedua (bagus banget di sini), kencan antara Aki dengan Katou, dan yang terbaru adalah munculnya tokoh baru Izumi dan Iori. Selain itu anime ini bisa membuat kita terhibur secara maksimal jika kita mengetahui dunia otaku secara luas, contohnya mengenai istilah-istilah yang muncul di anime tersebut seperti circle, doujin, comiket, dan istilah-istilah lainnya. Walupun sudah ada penjelasan dari Aki yang menjelaskan beberapa istilah tersebut kepada Katou yang merupakan orang normal, alangkah lebih seru jika kita mengetahui istilah-istilah tersebut terlebih dahulu sehingga saat tayang di sini akan lebih klik humornya. Karena hal yang di atas juga mungkin penonton anime yang masih baru dan belum mengetahui istilah-istilah tersebut akan bertanya-tanya apa yang lucu dari anime ini karena kekurangpahaman mereka tentang hal tersebut. Tetapi tidak ada salahnya kita menonton animenya terlebih dahulu sambil mencari tahu istilah yang tidak kita mengerti sehingga kita semakin memahami dunia otaku secara lebih dalam. Kemunculan karakter baru di episode 7 memberi warna baru dalam anime ini karena ada juga akhirnya karakter antagonis muncul di sini sehingga muncul konflik baru tidak dari heroine uatama kita tapi dari pihak luar. Peristiwa ini membuat kita penasaran sekaligus kesal tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Normalnya sih protagonist dan rekan-rekanya menang namun apakah Saekano akan melakaukan pendekatan yang berbeda? Semoga akhir dari konflik ini tidak mengecewakan.

     Sekian review dari saya, terima kasih telah membaca review ini. Mohon maaf jika ada kesalahan kata maupun typo dalam pembuatan review ini. Share review ini ke teman-teman otaku kalian ya :v, di share ke teman-teman awam juga boleh untuk nyebarin serial bagus yang satu ini.

Mata ne... 
  • Rating B
  • Screenshot
     Karena laptop saya sedang di service sesi screeshot ditiadakan untuk sementara

Comments

Popular Posts