Assassination Classroom Episode 1-4 Review


* Spoiler Alert *


  • Story
     Cerita dimulai dengan hancurnya bulan sehingga sekarang bulan berbentuk sabit. Karena itu sekarang bumi hanya bisa melihat bulan berbentuk sabit. Pelaku yang melakukan hal tersebut adalah sebuah monster yang memiliki banyak tentakel dan tubuh berwarna kuning. Namun hal tersebut dirahasiakan dari masyarakat awam sehingga dunia belum mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Keberadaan makhluk tersebut dirahasiakan karena seluruh senjata di bumi tidak ada yang mempan padanya karena makhluk tersebut memiliki kecepatan 20 mach, bahkan  pesawat jet masih bisa ia hindari sambil dicuci olehnya.

     Entah keberuntungan atau kesialan sang makhluk menawarkakn proposal kepada pemimipin besar di seluruh dunia bahwa ia ingin mengajar di sekolah SMP Kunugigaoka sebagai guru di sana selama 1 tahun dan mengajar kelas 3-E. Selain mengajar ia juga menawarkan kepada murid-muridnya kesempatan untuk membunuh dirinya dan yang berhasil melakukanya akan mendapatkan uang imbalan. Jika dalam waktu 1 tahun mereka tidak bisa membunuh dirinya maka ia akan menghancurkan bumi sama seperti ia menghancurkan bulan.

     Para murid tentunya kaget dan kebingungan dengan pengumuman yang mendadak tersebut. Namun mereka tidak punya pilihan selain melakukan pembunuhan tersebut. Tetapi dengan gabungan serangan seluruh murid kelas 3-E mereka masih tidak bisa membunuhnya. Bagaimana mereka akan membunuh makhluk yang memiliki kecepatan mach 20 tersebut?.

     Makhluk tersebut kemudian diapanggil oleh murid-muridnya dengan panggilan Koro-sensei karena dirinnya tidak bisa dibunuh. Walaupun para murid mencoba untuk membunuh Koro-sensei namun sang monster tersebut masih mencurahkan seluruh kemampuannnya nutuk mengajar murid-muridnya agar bisa mengerjakan ulangan dengan baik dan bisa membunuh dirinya. Masih belum diketahui apa motif Koro-sensei untuk mengajar di kelas tersebut.

     Episode 1-4 kira-kira menceritakan hal tersebut secara garis besar, yaitu menceritakan perjuangan kelas 3-E di SMP Kunugigaoka untuk membunuh Koro-sensei dengan berbagai macam cara. Kedatangan Karma Akabane di episode 3 dan Irina Jelavic-sensei di episode 4 juga memberi warna baru di anime ini karena mereka berdua mengalami perubahan sikap setelah berurusan dengan Koro-sensei yang disebabkan oleh kemampuan Koro-sensei dalam mengajar murid-muridnya sepenuh hati. Apa yang akan terjadi selanjutnya? mampukah murid kelas 3-E membunuh Koro-sensei sebelum waktu mereka habis dan menyelamatkan dunia dari ancaman Koro-sensei?. 
  • Opinion
     Tema yang berat yaitu "membunuh monster yang menghancurkan bulan" membuat kita akan mengharapkan adegan-adegan pembunuhan yang sadis  dengan darah berceceran di mana-mana. Namun dengan tema yang berat seperti itu Assasination Classroom  dapat membuat penontonya tidak jijik menonton karena yang akan dibunuh hanya tentakel yang dimilki Koro-sensei sehingga tidak ada adegan berdarah sama sekali. Selain itu juga senjata dan peralatan pembunuh yang digunakan oleh siswa kelas E menggunakan bahan khusus sehingga manusia tidak bisa terluka karena hal tersebut dan hanya Koro-sensei yang dapat dilukai dengan peluru tersebut. Jadi walau temanya pembunuhan tapi tidak ada adegan percikan darah sama sekali sehingga kita tidak menyadari bahwa cerita anime ini tentang pembunuhan jika kita tidak mengerti ceritanya. Dalam waktu 1 tahun tentunya para siswa kelas E harus segera meningkatkan kemampuan mereka untuk membunuh Koro-sensei yang bahkan semua pembunuh di dunia kesulitan untuk membunuhnya karena kecepatan yang ia miliki. Bagi kalian yang belum membaca manganya mungkin akan senang menonton anime ini. Namun bagi yang sudah membaca manganya tentunya akan sedikit bosan karena cerita ini lebih dapat dinikmati dengan serius jika kita membacanya dalam format manga. Tetapi saya sarankan tetap mengikuti anime ini karena seperti banyak anime yang diangkat dari manga masih ada kemungkinan bahwa anime ini akan memmiliki ending yang berbeda dengan manganya karena manganya sendiri masih ongoing saat artikel ini ditulis. Namun tidak ada pengumuman akan munculnya hal tersebut jadi kita masih bisa berharap anime ini akan tayang 24 episode atau lebih karena secara materi mangannya sudah sampai ratusan chapter.

     Sekian review dari saya. Semoga artikel ini bisa memuaskan dahaga kalian dalam mencari informasi tentang anime ini. Terima kasih sudah membaca review ini. Share artikel ini jika menurut kalian artikel ini menarik. Mohon maaf jika ada kesalahan pengetikan dan silahkan komen jika terdapat kesalahan kata maupun materi di dalamnya.

Mata ne...
  • Rating  B

  • Screenshot



















Comments

Popular Posts