Saekano Episode 10-12 Review


* Spoiler Alert *
  • Story and Opinion

                Akhirnya setelah satu musim menemani kita, anime harem yang satu ini telah berakhir di episode 12. Uniknya untuk episode 11 dan 12 ditayangkan secara bersamaan dalam satu minggu. Sehingga bisa ditotal bahwa minggu terakhir penyangannnya kita menonton Saekano sebanyak 48 menitan.

                Untuk episode-episode terakhir ini kita akan fokus kepada karakter baru Michiru Hyodo. Michiru adalah sepupu Tomoya Aki dan karena ia ada masalah dengan ayahnya ia minta tolong kepada Aki untuk dibolehkan tinggal di rumahnya untuk sementara. Aki mau tidak mau menerima permintaan Michiru tersebut karena Aki dipaksa olehnya. Saat mendengar Michiru bermain gitar Aki langsung yakin bahwa Michiru dapat membuat lagu yang pas sebagai soundtrack dalam game yang sedang ia buat. Aki memohon kepada Michiru untuk membuat lagu untuk game miliknya, namun permohonan tersebut ditolak mentah-mentah oleh Michiru.

                Aki tidak menyerah dan ia setuju untuk menjadi manager band Michiru dan mereka langsung mengadakan konser. Ternyata yang datang kebanyakan adalah otaku dan Michiru ternyata telah diperdaya selama ini. Karena sejak awal semua anggota bandnya adalah seorang otaku dan semua lagu yang Michiru dengar dari bandnya merupakan OST Anime. Michiru yang merasa telah ditipu mentah-mentah mau tidak mau harus tetap melakukan konser walaupun lagu yang ia nyanyikan merupakan OST anime. Namun Michiru juga membuat lagu sendiri sehingga tidak semua lagi yang ia nyanyikan adalah OST anime. Selesai konser Michiru bersedia untuk membantu pembuatan game Aki dan kisah mereka selesai dengan telah selesainya satu rute game mereka. Perlu diingat bahwa game yang akan dibuat Aki dkk adalah game galge sehingga game tersebut memiliki ending yang lebih dari satu. Di sini lah letak keunikan dari game galge, walaupun isinya hanya teks dan gambar.

                Seperti yang kita tahu bahwa episode 1-12 merupakan prequel sebelum episode 0 yang tayang sebelum episode 1 nya. Sehingga bisa kita lihat bahwa game yang Aki buat sudah hampir selesai (hampir!!) dan winter comiket akan datang sebentar lagi. Pastinya bagian yang paling menarik adalah kisah yang terjadi antara Aki dan teman-teman ceweknya dalam menghadapi masalah dalam pembuatan game. Selain masalah teknis juga ada masalah seperti perasaan pribadi masing-masing yang membuat semuanya menjadi rumit. Namun masalah tersebut dapat diselesaikan dengan cukup baik oleh Aki berkat bantuan teman-temanya seperti Kato Megumi saat ada masaslah dengan Utaha kasumigaoka dan Utaha juga membantu Aki bersama dengan Kato untuk menyelesaikan konflik dengan Eriri Spencer Sawamura. Secara garis besar anime ini cocok ditonton untuk orang yang suka komedi dan romance, karena kedua aspek tersebut adalah yang paling menonjol dari anime ini. Walaupun cerita anime ini bertema membuat game, namun pembuatan gamenya itu sendiri tidak terlalu dijelaskan secara rinci. Kalau ingin melihat anime yang serius menceritakan kisah pembuatan suatu karya anda bisa coba Shirobako yang berkisah mengenai studio animasi. Namun Saekano ini sangat wajib untuk ditonton dan kalian tidak akan rugi jika menonton anime ini.

                Sekian review kali ini. Terima kasih telah membaca review ini. Mohon maaf jika ada salah kata maupun typo. Share artikel ini ya, onegaishimasu.


Mata ne...

  • Rating A
  • Screenshot








Comments

Popular Posts