Firework Movie Anime Review


     Cerita dimulai saat musim panas. Seorang siswa bernama Shimada Norimichi menjalani summer school di Jepang (kelas yang diadakan saat libur musim panas). Setelah kelas selesai setiap siswa dibagi berkelompok untuk berpencar membersihkan lingkungan sekitar sekolah. Norimichi bersama dengan temannya Yuusuke mendapatkan jatah untuk membersihkan kolam renang sekolah. Di sana mereka bertemu dengan seorang siswi bernama Oikawa Nazuna.  Norimichi yang memiliki rasa suka terhadap Nazuna memulai percakapan dengannya sambil membersihkan teras kolam renang. Setelah Yuusuke datang mereka bertiga berlomba renang dengan taruhan yang kalah harus menuruti satu perintah dari pemenang. Pertandingan ini dimenangkan oleh Nazuna dan ia mengajak Yuusuke yang juara 2 untuk pergi menonton kembang api bersama. Norimichi kalah di pertandingan tersebut karena kakinya tersandung saat ingin memutar arah untuk menuju garis finish.

   Yuusuke yang bingung dan senang menerima undangan dari Nazuna itu malah membuat janji dengan teman-temannya untuk pergi menonton kembang api di waktu yang sama ia janjian dengan Nazuna. Mereka pergi untuk membuktikan apakah kembang api itu berbentuk bulat atau datar jika dilihat dari samping. Sambil menunggu waktu pertemuan, Yuusuke dan Norimichi main game di rumah Norimichi. Yuusuke yang berniat batal bertemu dengan Nazuna meminta Norimichi untuk mengobati kaki di klinik milik ayahnya dan minitip pesan kepada Nazuna bahwa ia tidak bisa pergi menonton kembang api bersama.

Setelah selesai berobat, Norimichi berbincang dengan Nazuna dan di jalan mereka bertemu dengan ibu Nazuna yang memaksa dirinya pulang ke rumah karena Nazuna sedang lari dari rumah. Melihat kejadian itu Norimichi hanya bisa bengong dan tidak melakukan apa-apa. Setelah Nazuna dan ibunya pergi, Yuusuke dkk datang dan melihat kejadian tersebut sambil menginterogasi Norimichi mengenai kejadian tersebut. Norimichi yang sebal karena Yuusuke menolak ajakan Nazuna sehingga ia memukul Yuusuke. Ketika stressnya sudah memuncak Norimichi melempar sebuah benda yang Nazuna temukan di sungai tergeletak di sebelah koper yang Nazuna bawa untuk kabur dari rumah. Norimichi berharap bahwa yang memenangkan lomba berenang itu bukan Yuusuke, tapi dirinya. Secara ajaib keinginannya terkabul dan waktu seolah berputar kembali dan akhirnya Norimichi lah yang diajak menonton bersama dengan Nazuna karena dirinya yang menjadi juara dua di perulangan yang pertama.

Setelah bagian di atas akan banyak perulangan yang terjadi setiap Norimichi gagal nonton kembang api bersama dengan Nazuna karena dijemput oleh ibunya atau karena halangan lain. Apakah Norimichi akan berhasil menonton kembang api bersama dengan Nazuna? Apa yang sebenarnya terjadi dengan mereka berdua? Saksikan kelanjutanya dengan menonton filmnya yang sudah tayang sejak tanggal 1 November 2017 kemarin dan sekarang tinggal beberapa bioskop di CGV blitz saja yang masih menayangkan film ini.

Di film ini saya paling suka dengan bagian art karena sangat cantik dan memukai. Gerakan setiap karakter terlihat natural dan tidak ada background yang terlihat aneh, kecuali memang di beberapa adegan yang mengharuskan background menjadi aneh menyesuaikan alur cerita. Dari sisi cerita saya cukup kecewa karena akhir kisah dari kedua pasangan ini kurang memberikan kebahagiaan kepada saya (saya tidak tahu tanggapan penonton lainnya, secara pribadi saya kurang suka dengan bagian akhir dari cerita ini). Kalau endingnya bisa diubah sedikit mungkin film ini dapat menjadi salah satu film favorit saya, namun kinerja staff yang membuat animasi yang bagus cukup untuk menambal kekurangan dari segi cerita. Selain cerita yang membuat saya cukup kecewa adalah sikap dari sang tokoh utama yang kurang tegas dan kebanyakan bengong di saat-saat genting sehingga berharap kepada kekuatan benda ajaib untuk merubah keputusannya yang salah itu.

Mungkin sekian saja review kali ini. Kalau ada permintaan review film anime, serial tv, atau lainnya boleh masuk ke bagian komentar atau kontak saya melalui email. Ketika saya ada waktu saya akan berusaha untuk membuat review tersebut selama masih ada animasi jepangnya. Boleh juga komentar mengenai opini untuk film ini, selama menggunakan kalimat yang baik dan tidak mengandung unsur SARA.

Comments

Popular Posts